Gotong Royong Mahasiswa UIN Walisongo di Masjid Al-Ashri

 Gotong Royong Mahasiswa UIN Walisongo di Masjid Al-Ashri 

Fia Maftakhurrokhmah, Sintia Agustina Wulandari, Eka Oktafiya


Pengabdian kepada Masyarakat oleh mahasiswa (PMM) adalah suatu kegiatan yang ditujukan untuk membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan tanpa mengharapkan imbalan apapun serta memberikan kontribusi nyata dan positif terhadap masyarakat. Salah satu bentuk kegiatan dalam pengabdian kepada masyarakat yaitu gotong royong di Masjid Al-Ahsri ngaliyan yang dilaksanakan pada hari selasa, 20 Februari 2023, pukul 08.00 WIB-11.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan nilai nilai yang terdapat pada Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang beranggota Fia Maftakhurrokhmah, Sintia Agustina Wulandari, Eka Oktafiya yang berasal dari prodi Matematika, fakultas sains dan teknologi.  

Kegiatan ini di naungi oleh ibu Hj. Sri Isnani Setiyaningsih, M.Hum. selaku Dosen UIN Walisongo Semarang. Kegiatan gotong royong di Masjid Al-Ahsri ngaliyan ini kami mengawali dengan membaca doa terlebih dahulu kemudian kami membagi beberapa bagian pekerjaan. Fia bertugas untuk membersihkan kaca, nyapu lantai, dan ngefakum karpet, Sintia di tugaskan untuk membersihkan wc dan lantai kamar mandi, menggulung karpet, melipat dan membersihkan mukena Masjid, Eka di tugaskan untuk mengepel seluruh lantai masjid, menggulung karepet dan membersihkan kaca. Kegiatan tesrsebut dilakukan secara kompak, efektif dan efesien sehingga dapat di bersihkan secara maksimal. 

Setelah menyelesaikan gotong royong di Masjid Al-Ashri kami menemukan suatu permasalahan yaitu tenaga kerja yang minim di Masjid Al-Ashri dan jadwal piket Masjid Al-Ashri yang masih kurang efisien. Dengan adanya permasalahan tersebut kami merekomendasikan untuk menambahkan tenaga kerja di Masjid minimal 4-5 orang, dan membuat jadwal kebersihan yang terkonsep dengan baik diantaranya yaitu membuat jadwal kebersihan, minimal 3 kali dalam seminggu, mencuci mukena, minimal 2 minggu sekali dan membersihkan kamar mandi dan tempat wudhu, minimal 2  kali dalam seminggu dan petugas piket harus tanggung jawab denga apa yang dikerjakan tersebut. 

   



 








Demi kemakmuran dan kenyamanan bersama untuk Masjid Al-Ashri kegiatan gotong royong yang dilakukan di Masjid Al-Ashri ngaliyan tersebut, ialah salah satu bentuk kami mengimplementasikan nilai nilai pacasila terutama sila pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa)  yaitu kami sebagai umat muslim harus menjaga kebersihan tempat ibadah agar menjalankan ibadah dengan nyaman dan juga mengamalkan sila ketiga (Persatuan Indonesia) yaitu dengan kami bersatu saling bekerja sama untuk membersihkan Masjid Al-Ashri dapat mempererat silahturahim antar angota serta masyarakat dan meningkatkan rasa persatuan.

Itulah kegiatan Gotong royong yang dilakukan oleh mahasiswa UIN Walisongo. Dengan dilakukan kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dan menyadarkan kita semua agar lebih peduli dengan kebersihan dan kenyamanan tempat ibadah terutama di Masjid Al-Ashri Ngaliyan.



   Penulis :                        

Fia Maftakhurrokhmah

Sintia Agustina Wulandari

Eka Oktafiya 

Prodi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi

Posting Komentar

0 Komentar